Wednesday 19 November 2014

Ekonomi Internasional

Nama  :  Yazied Risqullah
NPM   :  17211501
Kelas  :  4EA22



1. Apa yang di maksud dengan tarif optimal dan bagaimana cara menentukannya?
    Jawab :
 
    Tarif optimal adalah tingkat tarif yang dapat memaksimalkan manfaat netto yang bersumber dari pernbankan nilai tukar perdagangan sehingga dapat melunturkan dampak negatif yang diakibatkan oleh volume perdagangan.
      Cara menentukannya : Setelah sebuah negara memberlakukan tarif maka sampai batas waktu (tertentu kesejahteraan akan meningkat hingga ke titik maksimal. Pada titik itulah tarifnya disebut tarif optimal. Jika pemerintah negara yang bersangkutan merubah tarif itu, maka tarif tersebut tidak lagi optimal sehingga tidak lagi dapat meningkatkan kesejahteraan bahkan akan merugi.

2. Apa pengaruh tarif terhadap FEm Of Trade dan apa kaitannya dengan ekonomi negara tersebut?
    Jawab :

Meningkat / menurunnya kesejahteraan negara besar tersebut dilakukan oleh kekuatan maka yang lebih unggul, yakni apakah kelakuan positif dari perbankan nilai tukar perdagangan / kelakuan negatif yang di akibatkan oleh kemerosotan volume perdagangan.

3. Meskipun menerima upah yang lebih tinggi, terangkan mengapa belum tentu meningkatkan kesejahteraan pekerja migrasi?
Jawab :
   
Dengan adanya tarif, tingkat kesejahteraan negara yang bersangkutan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan kondisinya dimana perdagangan bebas. 
penurunan kesejahteraan bersumber dari dua sebab, yaitu :
·  perekonomian tidak lagi memproduksi pada titik yang memaksimumkan nilai pendapatan dan harga dunia.
·  konsumen tidak dapat lagi berkonsumsi pada kurva indifferen tertinggi yang memaksimalkan kesejahteraan.
4.   Apa pengaruhnya terhadap indicator Rp / $ jika ?
·         subsidi belum hilang
·         pembayaran hutang luar negeri naik
·         tingkat harga indonesia naik
Jawab :
·         subsidi bbm hilang nilai tukar Rp/$ menguat
·         pembayaran hutang luar negeri naik, nilai tukar Rp/$ melemah
·         tingkat bunga indonesia naik nilai tukar Rp/$
5.      Untuk mempertahankan/meningkatkan pertumbuhan ekspor, suatu negara melakukan intervensi untuk mendepresiasi nilai tukar mata uangnya. apa yang dilakukan dan adakah pengaruhnya terhadap inflasi. jika ada bagaimana tindakan yang dilakukan oleh bank sentral setelah intervensi dilakukan ?
Jawab : 
Yang dilakukan bank sentral setelah intervensi dilakukan adalah melakukan operasi pasar terbuka yaitu jual beli surat berharga.
6.      Jika indonesia mengalami defisit secara berjalan (current account) tindakan apa yang dilakukan pemerintah dan apa pengaruhnya terhadap ekonomi Indonesia?
Jawab :
Tindakan yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan ekspor. Pengaruhnya terhadap ekonomi indonesia naiknya tingkat suku bunga, perubahan harga, perubahan tingkat pendapatan.

No comments:

Post a Comment